PMB Universitas Tarumanegara 2014

Penerimaan Mahasiswa Baru

Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Universitas Tarumanegara 2014

PMB Universitas Tarumanegara 2014, PMB Tarumanegara 2014 

Ujian Saringan Masuk (USM) Jakarta
TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Periode November

Pendaftaran                   :  s.d. 16 November 2013
Ujian Saringan Masuk :  17 November 2013
Pengumuman                :   20 November 2013


Periode Januari
Pendaftaran                  : s.d. 18 Januari 2014
Ujian Saringan Masuk : 19 Januari 2014
Pengumuman              : 22 Januari 2014

Periode Maret

Pendaftaran                   :  s.d. 15 Maret 2014
Ujian Saringan Masuk  :  16 Maret 2014
Pengumuman                :  19 Maret 2014

Periode Mei
Pendaftaran                   :  s.d. 17 Mei 2014
Ujian Saringan Masuk :  18 Mei 2014
Pengumuman               :  21 Mei 2014

Periode Juni
Pendaftaran                   :  s.d. 21 Juni 2014
Ujian Saringan Masuk :  22 Juni 2014
Pengumuman               :  25 Juni 2014


Periode Juli
Pendaftaran                    :  s.d. 19 Juli 2014
Ujian Saringan Masuk  :  20 Juli 2014
Pengumuman                 :  23 Juli 2014

Periode Agustus
Pendaftaran                    :  s.d. 9 Agustus 2014
Ujian Saringan Masuk  :  10 Agustus 2014
Pengumuman                 :  13 Agustus 2014

TUJUAN

Program USM di Universitas Tarumanagara adalah salah satu mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang bertujuan menjaring calon mahasiswa  dari berbagai latar belakang kedaerahan, termasuk calon dari lulusan luar negeri, yang memiliki kemampuan akademik yang memadai dalam mengikuti program pendidikan tinggi di Universitas Tarumanagara.

PILIHAN PROGRAM STUDI*

Program studi yang ditawarkan di Jalur Ujian Saringan Masuk (USM) adalah:

  1. Manajemen Bisnis
  2. Akuntansi Bisnis
  3. Ilmu Hukum
  4. Arsitektur
  5. Perencanaan Kota & Real Estat
  6. Teknik Sipil
  7. Teknik Mesin
  8. Teknik Elektro
  9. Teknik Industri
  10. Kedokteran (Pendidikan Dokter)
  11. Ilmu Psikologi
  12. Teknik Informatika
  13. Sistem Informasi Bisnis
  14. Desain Interior
  15. Desain Komunikasi Visual
  16. Ilmu Komunikasi
*sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kapasitas dan permintaan dari masing-masing program studi

PERSYARATAN UMUM

  1. Saat ini duduk di kelas XII SMTA (SMA/SMK/MA) atau sudah lulus SMTA (tidak ada batas tahun kelulusan).
  2. Sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu proses belajar calon selama menempuh pendidikan di program studi pilihannya di Untar.
  3. Tidak terlibat dalam penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).
PERSYARATAN KHUSUS

  1. Khusus calon yang memilih program studi Arsitektur, Kedokteran, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual dipersyaratkan TIDAK BUTA WARNA (dengan melampirkan FOTOKOPI surat keterangan Dokter).
  2. Khusus calon yang memilih program studi Kedokteran dipersyaratkan berasal dari SMA jurusan IPA dan melampirkan hasil Psikotes (MMPI-2).
PROSEDUR PENDAFTARAN

SECARA MANUAL

  1. Mengambil formulir pendaftaran di Kantor Admisi Untar, download & print dari PMB Tarumanagara, atau melalui Guru BP/BK sekolah masing-masing.
  2. Mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran yang ditandatangani oleh calon dan orang tua/wali.
  3. Melampirkan 2 lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm.
  4. Membayar biaya seleksi sebesar Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) untuk 1 atau 2 pilihan program studi.  Pembayaran dilakukan dengan menggunakan slip setoran tunai atau slip pemindahan dana antar rekening (tidak boleh transfer via ATM, e-banking ataupun m-banking) dengan mencantumkan Nama Lengkap calon di kolom Berita/Keterangan, melalui bank:
              * BCA nomor rekening 4820198480 atas nama Universitas Tarumanagara
              * BNI nomor rekening 0205160348 atas nama Yayasan Tarumanagara

       5.   Biaya seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT DITARIK KEMBALI DENGAN ALASAN APAPUN.
       6.   Mengembalikan/mengirimkan formulir pendaftaran, slip asli pembayaran bank, dan seluruh lampiran yang diminta secara
             lengkap ke:
                          KANTOR ADMISI UNIVERSITAS TARUMANAGARA
                          Kampus I Gedung Utama lantai 2
                          Jl. Letjen. S. Parman No.1 Jakarta Barat 11440
                          Telepon: (021) 5695 8723 (hunting)  Faksimili: (021) 568 4057


       7.   Calon akan memperoleh Kartu Ujian yang berisi Nama & Alamat calon, Nomor Registrasi prodi yang dipilih, serta
             Jadwal/Ruang ujian.
       8.   Bawa Kartu Ujian beserta tanda pengenal diri (KTP/Kartu Pelajar) pada saat ujian.

SECARA ONLINE

  1. Melakukan pembayaran biaya ujian sebesar Rp 300.000,- (tigaratus ribu rupiah) untuk 1 atau 2 pilihan program studi melalui Teller di bank BNI cabang manapun dan akan mendapatkan nomor PIN & nomor PDF untuk pendaftaran online (BNI nomor rekening 0205160348 atas nama Yayasan Tarumanagara).
  2. Biaya ujian yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT DITARIK KEMBALI DENGAN ALASAN APAPUN.
  3. Buka pmb2.tarumanagara.ac.id, pilih/klik "Buat Account", isi data secara lengkap, lalu klik "Simpan". Catat User Id dan buatlah Password baru (user id dan password digunakan untuk melihat status pendaftaran dan status diterima/tidak). Pada Menu Utama, pilih "Daftar Jalur USM".
  4. Lakukan pendaftaran USM dengan memilih periode USM dan program studi yang diminati, lalu masukkan nomor PIN dan nomor PDF yang didapat sebelumnya dari Teller bank BNI.
  5. Cetak Kartu Ujian (berisi Nama & Alamat calon, Nomor Registrasi prodi yang dipilih, serta Jadwal/Ruang ujian) lalu tempelkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm.
  6. Bawa Kartu Ujian beserta tanda pengenal diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar) pada saat ujian.
MATERI UJIAN

  • Materi USM meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika
  • Khusus calon yang memilih prodi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual ditambah materi ujian Menggambar
  • Khusus calon yang memilih prodi Kedokteran ditambah materi ujian Fisika, Kimia, dan Biologi
PROSEDUR KONFIRMASI PENERIMAAN CALON

  1. Calon mahasiswa yang diterima akan diberitahukan melalui sms. Berkas pengumuman dapat di-download dan di-print sendiri melalui website PMB Untar atau diambil langsung di Kantor Admisi Untar.
  2. Sebagai konfirmasi bahwa calon bersedia untuk menjadi mahasiswa Untar maka calon diharuskan melakukan pembayaran biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) sesuai dengan batas waktu yang tertera pada surat pengumuman (Form B).
  3. Pembayaran biaya SPP dilakukan dengan menggunakan slip setoran tunai atau slip pemindahan dana antar rekening (tidak boleh transfer via ATM, e-banking ataupun m-banking) dengan mencantumkan Nama Lengkap calon dan Nomor Registrasi prodi yang dipilih di kolom Berita/Keterangan, melalui bank:
    • BCA nomor rekening 4820150002 atas nama Yayasan Tarumanagara
    • BNI nomor rekening 0018284108 atas nama Yayasan Tarumanagara
    • Mandiri nomor rekening 1170025252586 atas nama Yayasan Tarumanagara
SUMBANGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (SPP)

Biaya sumbangan masuk / SPP ditetapkan berdasarkan kategori sesuai dengan nilai hasil ujian yang bersangkutan. Semakin tinggi nilai hasil ujian, semakin ringan biaya SPP.


 
.
.
.



-
-
-
======
Baca juga :
 

No comments

Hai, Sahabat Ayo Belajar Bersama.
Silahkan berkomentar di blog ini, tapi jangan sampai ada unsur SARA dan PORNOGRAFI. Salam blogger!!!

Ayo Belajar Bersama. Powered by Blogger.