Ayo Kupas Isi Brosur ‘SNMPTN 2015′, Agar Makin Siap Menembusnya!

Ayo Kupas Isi Brosur ‘SNMPTN 2015′, Agar Makin Siap Menembusnya!
Pada artikel ini dipaparkan materi sosialisasi SNMPTN 2015 (di-scan dari File Brosur Informasi Awal SNMPTN 2015) serta apa yang bisa kita petik dan kupas untuk meningkatkan kesiapan anda untuk menembusnya.
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada tanggal 15 Januari 2014, SNMPTN 2015 resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir, Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan.
SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN.
“Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan,” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015.
Bagi anda yang sedang berkonsentrasi menghadapi pendaftaran SNMPTN 2015, tidak perlu dipenuhi debar dan cemas. Masa depan bisa dirancang seoptimal mungkin. Bila anda mengetahui medan yang akan dihadapi, maka anda akan mampu menyusun strategi terbaik untuk mengarunginya.
Silakan simak ulasan berikut ini untuk menyusun langkah dan strategi jitu menembus SNMPTN 2015. Pembahasan ini dirangkum dari data dan informasi yang berhasil dikumpulkan, mostly berasal dari materi sosialisasi SNMPTN 2015, serta diperdalam dengan mengacu pada pengalaman pribadi, pengalaman beberapa mahasiswa PTN yang telah berhasil menembus SNMPTN, serta hasil diskusi dengan berbagai pihak. Sekali lagi, ini bukan informasi resmi, namun semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sedang berjuang menembus SNMPTN 2015.

Halaman Depan dan Belakang Brosur

Snmptn 1
Snmptn 1a

Yup, mari kita skip saja langsung pada pembahasan yang lebih detil.

Kata Pengantar & Latar Belakang: Landasan Konseptual dan Landasan Hukum

Snmptn 16

Sangat disarankan, anda jangan pernah melewatkan penjelasan mengenai landasan konseptual dan landasan hukum SNMPTN 2015 ini. Meski sekilas nampak biasa-biasa saja, seperti aturan-aturan baku pada umumnya, namun substansi-nya justru berada di sini. Jadi, bacalah dan tangkaplah inti dari substansi-nya.
Poin pertama: Intinya adalah PENGAKUAN dan KESEMPATAN SELUAS-LUASNYA terhadap semua siswa dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik untuk mendaftar SNMPTN 2015. Dalam hal ini, prestasi sekolah juga mausk menjadi bahan pertimbangan. Jadi hak anda dilindungi dengan landasan ini.
Poin kedua: Intinya adalah pelaksanaan  SNMPTN 2015 ini diatur dan didasarkan dari turunan seperangkat peraturan mulai dari Undang-undang, PP dan PerMen. Jadi, semua ini ada dasar hukumnya.
Point ketiga: Intinya adalah diselenggarakan serentak, biaya ditanggung pemerintah serta ada peluang dengan Beasiswa Bidik Misi ketika sudah diterima sebagai mahasiswa di PTN.

Snmptn 12
Poin keempat: Intinya adalah PERAN SEKOLAH MENENGAH dalam proses SNMPTN sangat krusial. Kemudian tentang budaya akademik yang menjunjung tinggi KEJUJURAN dalam Bhinneka Tunggal Ika. Jadi, karena jumlah pesertanya pasti akan banyak jumlahnya, sekolah menengah dilibatkan agar berpartisipasi aktif. Namun demikian, dalam hal pengelolaan pendaftaran dalam jumlah besar ini, KEJUJURAN terdahap data dan informasi harus diatas segala-galanya.

Tata Cara, Ketentuan Umum dan Persyaratan

Snmptn 13
Terkait dengan tata cara, ketentuan dan persyaratan dapat anda baca dan pelajari tuntas dengan membaca sendiri brosur tersebut. Karena prosedurnya sudah baku dan sangat teknis. Sedikit catatan, anda sebagai siswa sebaiknya melakukan verifikasi terhadap data dan informasi yang diisikan oleh pihak sekolah anda. Cek satu persatu, jangan sampai salah atau tidak akurat, atau kurang lengkap sehingga melemahkan posisi tawar anda.
Namun yang menarik untuk dibahas disini adalah aspek PENERIMAAN di PTN, terutama poin di bawah ini:

Poin (b.) Lulus SNMPTN 2015, karena inilah target utama anda!

Berdasarkan pengalaman selama ini, ada beberapa aspek yang sangat mempengaruhi lulus tidaknya diterima di PTN melalui SNMPTN 2015, yaitu:

1. Hasil prestasi belajar anda (Rapor).

2. Prestasi non-akademik anda (Sertifikat, Piagam, dan sebagainya).

3. Hasil penelusuran prestasi sekolah (biasanya hanya dimiliki oleh pihak PTN, sulit atau hampir tidak mungkin dibuka untuk umum).

4. Prestasi atau rekam jejak alumni sekolah anda atau kakak kelas di PTN yang anda daftar.

5. Hasil nilai UN.

6. Ratio peminat berbanding daya tampung prodi, mempengaruhi ketatnya persaingan.

Dari pengalaman yang berhasil digali langsung dari siswa/siswi yang berhasil menembus SNMPTN, most likely yang paling signifikan kepastiannya adalah Nilai Rapor, Prestasi non-akademik dan Hasil Nilai UN, serta mau tidak mau Ratio Peminat:Daya Tampung yang akan berpengaruh. Karena, aspek-aspek ini menjadi data dan informasi kongkret yang objectifitasnya paling jelas.

Prosedur pendaftaran dan Jadwal SNMPTN

Snmptn 14
Yang super penting dan sangat kritikal dari pembahasan kali ini adalah menentukan urutan prodi ini. Ini butuh strategi yang matang.
Perhatian: Jangan menciptakan ironi dalam hidup anda, yaitu salah memilih prodi atau tempat kuliah!
Sesuai aturan, anda bisa memilih 3 prodi dari 2 PTN yang berbeda. Misalnya anda memilih Prodi Teknik Industri di PTN A, Prodi Teknik Industri di PTN B, serta Prodi Teknik Elektro di PTN A. Siswa pelamar akan diseleksi oleh PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Anda memilih dua PTN (A dan B), apabila dinyatakan tidak lulus pada pilihan pertama yaitu Teknik Industri PTN A, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan pertimbangan daya tampung.
Sekali lagi, daya tampung akan sangat berpengaruh pada proses ini. Dengan mekanisme tersebut, anda pasti bertanya “Apakah Teknik Industri PTN B tidak mau dijadikan pilihan kedua?”. Hehe, ini bukan tentang lagu (“Aku bukan yang kedua”). Jadi jawabannya adalah bukannya tidak mau, tapi prodi tersebut mungkin sudah penuh terisi oleh pendaftar yang memilih Teknik Industri PTN B sebagai pilihan pertama. Jadi, walaupun nilai anda bagus dan anda tidak lulus di pilihan 1, meskipun berpotensi lulus di pilihan 2, jika kuota di pilihan 2 tersebut sudah penuh terisi oleh yang menempatkannya di pilihan 1, maka ada kemungkinan anda tetap saja tidak bisa lulus di pilihan 2 karena daya tampung sudah terpenuhi.
Dari pengalaman selama ini, sebuah prodi biasanya tidak akan serta merta langsung memenuhi daya tampung hanya dari satu pilihan saja. Biasanya disediakan beberapa kursi untuk pilihan ke-2 dan ke-3. Jumlah kursi pilihan ke-1 tentu yang paling besar. Dan biasanya, jumlah kursi yang disediakan untuk pilihan ke-3 selalu yang paling sedikit. Mengenai komposisi masing-masing kursi berapa prosentasenya, masing-masing prodi di setiap PTN berbeda-beda kebijakannya.
Baca artikel berikut ini, tentang bagaimana memilih prodi yang tepat sesuai karakter anda, dengan 14 Langkah untuk Menghindari Ironi Dalam Hidup Anda (yaitu salah memilih prodi tempat kuliah!)
Cara Memilih Prodi Kuliah
Baca pula artikel yang mengulas tentang alasan-alasan kongkret mengapa cewek cocok masuk Teknik Mesin.
http://www.isigood.com/2014/12/03/alasan-kongkret-cewek-cocok-masuk-teknik-mesin/

image

Perhatikan dan catat tanggal-tanggal di atas ini, jangan terlalu mepet batas akhir untuk menghindari traffic internet yang padat. Biasanya sering terjadi koneksi yang tidak lancar dikarenakan traffic pas padat-padatnya ketika sebagian besar siswa mengaksesnya. Ketika koneksi tersebut tidak lancar, lalu menimbulkan kecemasan dan kepanikan karena berkali-kali gagal upload dokumen. Kemudian, karena dilanda kecemasan dan kepanikan, akibatnya ketelitian menjadi turun dan tingkat kesalahan atau ketidakakuratan naik. Maka, berhati-hatilah dan jangan terlalu mepet di saat-saat akhir!

Pembiayaan, Tahapan Seleksi dan Laman Resmi

Snmptn 15

Ingat poin diatas tadi: Intinya adalah PERAN SEKOLAH MENENGAH dalam proses SNMPTN sangat krusial. Kemudian tentang budaya akademik yang menjunjung tinggi KEJUJURAN dalam Bhinneka Tunggal Ika. Jadi, karena jumlah pesertanya pasti akan banyak jumlahnya, sekolah menengah dilibatkan agar berpartisipasi aktif. Namun demikian, dalam hal pengelolaan pendaftaran dalam jumlah besar ini, KEJUJURAN terdahap data dan informasi harus diatas segala-galanya.
Anda bisa membayangkan, organisasi atau tim pelaksana SNMPTN terdiri dari panitia di tingkat pusat dan panitia di tingkat PTN. Yang paling penting adalah, siapa yang melakukan seleksi dan keputusan tentang siswa dan siswi yang lolos diterima di SNMPTN, baik pilihan 1, 2 atau 3. Dalam hal ini, panitia di tingkat pusat-lah yang melakukannya, tentunya dengan berkoordinasi dengan panitia di tingkat PTN. Namun demikian, peran penting panitia di tingkat PTN adalah menyajikan daya tampung per prodi dan segenap peraturan lainnya terkait dengan kebijakan lokal di level PTN. Misalnya, prodi A tidak bisa menerima siswa atau siswi dengan keterbasan fisik tertentu. Contohnya, Teknik Elektro biasanya tidak bisa menerima siswa atau siswi yang mengalami buta warna, karena ditakutkan akan salah menyambung kabel dengan warna yang salah dalam rangkaian listrik yang bisa berakibat fatal.

Pelajari lengkap semua informasi di laman resmi, dan kalau mau tanya-tanya langsung ada jalurnya!

image

Strategi berikutnya, kalau gagal di SNMPTN, apa Plan-B dan Plan-C anda?

Kedua slide dibawah ini memaparkan seluruh pola atau jalur yang bisa ditempuh untuk menjadi mahasiswa program sarjana di PTN. Apabila masih belum berhasil menembus SNMPTN 2015, maka masih ada SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN. Peta inilah yang harus anda pahami 100% clear! Oleh karena itu, anda harus all-out di SNMPTN, karena Daya Tampungnya 50% dan Tanpa Tes atau Ujian Tulis. Dan kebetulan pula, segala pembiayaan ditanggung pemerintah sepenuhnya.
Tapi jangan lalu hanya SNMPTN semata yang masuk perencanaan dan strategi anda. Harus anda persiapan plan-B dan plan-C, yaitu SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN yang anda tuju. Terutama, pelajarilah dan perdalam pengetahuan anda tentang PTN (khususnya prodi-prodi) yang menjadi target serta segala peraturan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN tersebut. Simple-nya, kunjungi website PTN tersebut sejak dini, terutama website PMB PTN tersebut. Lebih baik berjaga-jaga, sedia payung sebelum hujan. Perkara tidak jadi hujan, ya syukurlah …

image
image


Tips finalnya adalah: Berusahalah yang terbaik, semaksimal mungkin, dan berdoalah seikhlas mungkin ….
SEMOGA SUKSES!
 -
-
-
sumber :  http://www.isigood.com/2015/01/22/kupas-brosur-info-awal-snmptn-2015-agar-makin-siap-menembusnya/

No comments

Hai, Sahabat Ayo Belajar Bersama.
Silahkan berkomentar di blog ini, tapi jangan sampai ada unsur SARA dan PORNOGRAFI. Salam blogger!!!

Ayo Belajar Bersama. Powered by Blogger.