Pendiri Weibo

http://data-kita-semua.blogspot.com/



Charles Chao (Cina: 曹国伟, pinyin: Cao Guo Wei) adalah seorang pengusaha China yang merupakan CEO dan Presiden dari perusahaan Cina Sina Corp. Sina Corp terdaftar untuk perdagangan di NASDAQ dan sekarang memiliki sekitar 12.900 karyawan di seluruh dunia. Dia telah bersama Sina sejak tahun 1999, di mana ia datang sebagai wakil presiden bidang keuangan.


Di Indonesia, tidak banyak orang yang mengenal Weibo.com. Namun, di Tiongkok jejaring sosial satu ini memiliki basis pengguna yang luar biasa.
Format Weibo.com persis dengan Twitter.com, sebuah platform blogging mikro dengan batasan karakter yang hanya cukup untuk celotehan singkat penggunanya. Karena Twitter diblokir di negeri itu, Weibo menjadi alternatif yang menarik.
Di balik keberhasilan Weibo, berdirilah entrepreneur Cao Guowei yang bekerja penuh fokus pada bisnis layanan media sosial ini sehingga Weibo sukses bertengger di posisi jawara di deretan perusahaan Internet Tiongkok selama tahun 2012.

Pendidikan

Mr Chao meraih gelar Master of Professional Accounting dari University of Texas di Austin, MA dalam Jurnalisme dari Universitas Oklahoma dan BA dalam Jurnalisme dari Universitas Fudan di Shanghai, Cina.
karier

Charles Chao bergabung Sina pada tahun 1999 ketika perusahaan menghadapi kesulitan dalam upaya untuk mendapatkan listing di NASDAQ. Dia mengatasi tantangan ini dengan membentuk Sina sebagai VIE (Variable Entity Interest) perusahaan, yang membuka jalan untuk daftar yang sukses di Amerika Serikat.

Sejak itu, ia menjabat sebagai Chief Financial Officer Sina (CFO), Chief Operating Officer (COO) dan Presiden pada bulan September 2005, Chief Executive Officer (CEO) pada tahun 2006, dan akhirnya Ketua Dewan pada bulan Agustus ini. Dia adalah Ketua pertama dan CEO dalam sejarah perusahaan. Pada tahun 2009, ia membantu meluncurkan Sina Weibo, yang telah pergi untuk mencapai sukses besar.

Charles juga telah membuat penggunaan platform Perseroan untuk mendukung usaha kesejahteraan masyarakat di China. Saat ini, Sina adalah salah satu tempat terbesar untuk membuat sumbangan dan penggalangan dana darurat dan merupakan salah satu perusahaan internet pertama yang mendirikan badan amal dan platform kesejahteraan masyarakat. Sekarang, Sina telah membentuk Dana Kesejahteraan Yang Fan Umum, yang akan memungkinkan perusahaan untuk berpartisipasi secara lebih efektif dalam amal dan kesejahteraan masyarakat penyebab.
Riwayat kerja dan peran lainnya

Sebelum bergabung dengan Sina, Bapak Chao menjabat sebagai manajer audit pada PricewaterhouseCoopers, LLP, sebuah perusahaan akuntansi. Sebelum itu, Mr Chao adalah seorang koresponden berita di Shanghai Media Group. Mr Chao saat ini Ketua Weibo Corporation, sebuah perusahaan media terkemuka, Co-Chairman of E-House, sebuah perusahaan layanan real estat, dan direktur NetDragon WebSoft Inc, sebuah perusahaan yang menyediakan teknologi untuk game online dan direktur Leju Holdings Ltd, sebuah (o2o) real estate penyedia layanan online-to-secara offline di Cina.



sumber : wikipedia, ciputraentrepreneurship.com

1 comment:

  1. I just know about Weibo right now. N would u tell me how to make Weibo account? I wanna know more about China.

    ReplyDelete

Hai, Sahabat Ayo Belajar Bersama.
Silahkan berkomentar di blog ini, tapi jangan sampai ada unsur SARA dan PORNOGRAFI. Salam blogger!!!

Ayo Belajar Bersama. Powered by Blogger.