Technology
Pencipta Kaskus
Andrew Darwis
|
|
Lahir
|
|
Pekerjaan
|
Wirausahawan
|
Agama
|
Katolik
|
Orang tua
|
Antonius Darwis &
Nancy Amidjoyo |
Andrew
Darwis
Andrew Darwis (lahir 20 Juli 1979; umur 35 tahun) adalah pendiri komunitas daring
terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs web Kaskus.us yang menjadi Kaskus.co.id)
yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member . Andrew sekarang
menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia
(Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media
Indonesia.
Pendidikan
- SD: Tarakanita Pluit Jakarta
- SMP: Tarakanita Pluit Jakarta
- SMA: Gandhi National School, Ancol '98 Jakarta
- Universitas : Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara, 1998
- Universitas : Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle, 1999 - 2003
- Universitas : Master of Computer Science, Seattle University, 2004 - 2006
Karier
- Kerja paruh waktu web desain di kemana.com dan indotradezone.com (1998)
- Web desainer Thor Loki, Seattle, Amerika Serikat (2003 - 2006)
- Web desainer lyrics.com, Seattle, Amerika Serikat (2007 - 2008)
- Pendiri & CTO Kaskus (1999 -sekarang)
Mendirikan Kaskus
Andrew mendirikan Kaskus
pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah
satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program
Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer
Science pada tahun 1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website
forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia.
"Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free
software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus."
Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat kuliah di Amerika.
Kaskus berasal dari kata
Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3 (Rp
30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi,
memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi
tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk
memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri.
Manfaatnya adalah semakin
membaiknya geliat bisnis online, serta banyaknya orang yang memulai bisnis
online dilihat Andrew sebagai potensi besar yang mendukung perkembangan Kaskus.
Berdasarkan survey, terdapat lebih dari 40 juta pengguna Internet di Indonesia.
Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan bahwa masing-masing
pengguna Internet adalah target pasar yang potensial
Kendalanya Andrew mengaku
bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus. Ia harus turun
tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down, karena
saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat juga
dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karenai ia harus meyakinkan customer dan advertiser
mengenai citra Kaskus.
Pemasarannya Andrew dan
timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk
memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah
banyak dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus
sejak pertama kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2
bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera
PT. Darta Media Indonesia.
Saat ini tercatat Kaskus
memiliki 4.366.134 member(update pertanggal 20 Mei 2012 pada pukul 13.21) dan
terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40
tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur.
Berbagai penghargaan juga
diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian Communities for 2005 and
2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, dari Microsoft dengan nominasi Kaskus Indonesia
Innovative Top Web Site pada tahun 2008, dan dari Indosat dengan nominasi Kaskus
The Online Inspiring Award pada tahun 2009
Saat ini untuk me-manage
Kaskus, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran (marketing),
sales, IT dan kreatif (creative).
Dari sekian banyak konten
dalam Kaskus.us, tanpa ragu Andrew menyebut konten Forum Jual Beli (FJB) dan Lounge
sebagai terfavorit dikunjungi kaskuser. Para kaskuser yang berasal dari seluruh
pelosok Indonesia itu bisa memanfaatkan konten ini untuk transaksi bisnis
online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual
Beli (FJB).
Obsesi yang ingin diraih
Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus mengembangkan content
(fasilitas yang ada di dalam website) Indonesia, sehingga nantinya orang luar
negerilah yang akan membeli content itu.
Penghargaan
- 2005, 2006: The best Indonesian Communities versi Alexa.com dan Wikipedia.
- 2008: Oleh Microsoft : KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008)
- 2009: Oleh Indosat : KASKUS - The Online Inspiring Award 2009
- 2009: Oleh Presiden RI : KASKUS - The Big Place Market 2012
No comments
Hai, Sahabat Ayo Belajar Bersama.
Silahkan berkomentar di blog ini, tapi jangan sampai ada unsur SARA dan PORNOGRAFI. Salam blogger!!!